Fikry Nurris Rizky (Kak Bonek)

Selasa, 09 Agustus 2011

3. Pengalaman Kegiatan Training of Trainer (TOT)

Pengalaman saya setelah mengikuti Kegiatan Training Of Trainer (TOT) yang diadakan oleh panitia pada tanggal 16 - 17 Juli 2011 di YPPI. Yang akan saya ceritakan ada hubungannya dengan BUDAYA JUPE DATANG...?? Apakah arti JUPE DATANG....??

JU = JUjur, PE = Peduli, DA = cerDAs, TANG = TANGguh

Sekarang saatnya saya ceritakan satu persatu dari Budaya JUPE DATANG. yang pertama JUJUR, Setelah saya dan kelompok saya sudah sampai di YPPI. Panitia Memberikan Balon, satu balon yg bertanggung jawab adalah 2 kelompok.... waktu itu yang kebagian  membawakan balon air pertama tersebut adalah kelompok kami. kemudia saya dan ketua saya yang bernama Agenk Permadi berdiskusi agar gimana caranya agar balon air itu tidak pecah sampai akhir kegiatan TOT. kemudia saya , Agenk dan Kelompok saya memutuskan Balon air tersebut di selimuti oleh handuk kemudian di taruh di tas kresek.diharapkan bola tersebut tidak bergulir-gulir dan tidak pecah. Namun apa yang terjadi saat pergantian shift untuk melakukan kegiatan game TOT. Balon air tersebut pecah di dalam plastik tersebut... kemudian saya dan kelompok saya sontak terkejut.... akhirnya setelah kelompok kami berunding. kami memutuskan untuk memberitahu balon yg kami bawa pecah kepada kak camz selaku panitia TOT. apa yang terjadi kak camz langsung berkata " Itu Resiko yang kalian hadapi". setelah kak camz bilang seperti itu terhadap kelompok kami, kemudian kak camz langsung pergi. setelah itu kami berunding membahas balon air tersebut... akhirnya kami memutuskan untuk tetap menjaga balon air yg pecah itw agar airnya yg ada di tas kresek tersebut tidak keluar sampai kegiatan TOT berakhir. intinya dari cerita di atas adalah KEJUJURAN. karena Seorang The WINNER harus memiliki sifat JUJUR... kalau Kita tidak membudayakan JUPE DATANG.. pasti kelompok kami menyembunyikan bahwa bola air tersebut pecah dari panitia TOT.

yang kedua PEDULI. memang di dalam kegiatan TOT kita di tuntut untuk peduli dengan anggota kelompok. jika kita tak peduli terhadap kawan kita maka kawan kita tak akan pernah bisa melewati rintangan menerobos ketidakmungkinan. di situ kita harus peduli terhadap teman kita yang sedang melakukan game menerobos ketidakmungkinan dengan cara memandu kawan kita agar anggota badan.a tidak menyentuh tali.

yang ketiga CERDAS, dalam game water pipe kami di tuntut untuk cerdas dalam berpikir gimana cara bola yang ada di dalam pipa yang berlubang tersebut bisa keluar dengan di isi air sampai penuh sehingga bolanya bisa keluar.

yang keempat TANGGUH, dalam game kelapa kepala bisa di sebut TANGGUH karena kita harus memanfaatkan kepala seluruh anggota kelompok untuk membawa kelapa yang beratnya bisa mencapai 5 Kg untuk sampai ke lokasi mulai bawah sampai keatas bukit. Dalam game ini kelompok tersebut harus membuat strategi dan kekompakkan kelompok yang benar-benar jitu untuk bisa sampai ke lokasi yang ditentukan meskipun rasa sakit yang ditimbulkan oleh kelapa itu sendiri. Kalau saja jika kelompok tersebut lengah sedikit saja maka bisa dipastikan kepala mereka yang akan menjadi taruhannya dan kelapa tersebut bisa jatuh.


Powered By :
- OKK STIKOM 2011
- STIKOM Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Manchester United Badge MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com